ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR


Pagi kawan….. kali ini saya pengen nulis artikel tenteng pendidikan boleh kan?

Sekali-kali aja sih… boleh ya? Ya? Ya? Iya……

Dari pada mikirin ga dapet ranking bikin mumet.. mending mikirin yang laen aja deh… sambil nunggu paman google pulang juga sih..itung2 ngabuburit gictu…

Saya pas baca-baca buku tadi (kaya pernah baca aja… ^_^) kok kepikiran pengen nampangin isinya ke blog ini nih… ya kali-kali ajah ada yang lagi butuhin materi pelajaran..


Khususnya ISBD kerennya sih ilmu social dan budaya dasar itu loch… udah pada tau donk.. wong udah pada pinter-pinter kok…

Kalau ada yang belum tahu…. Itu dia sasaran saya, yang belum tahu jadi tahu, yang udah tahu bisa tambah pendalaman deh…

Wes…wes.. kok malah nglantur sampe kemana-mana…bikin tambah lama aja,

Kembali ke materi ya anak-anak… (he..he)…

JIKA kita membahas tentang Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, perlu dimengerti sebelumnya ilmu social berbeda dengan ilmu budaya. Ilmu sosial termasuk dalam kategori yang berbeda dengan ilmu budaya. . meskipun demikian ilmu social berkaitan erat banget dengan ilmu budaya.

Ilmu social memiliki obyek pokok pada tingkah laku atau perbuatan orang atau kelompok dengan hubungannya dengan orang lain. Artinya tingkah laku orang atau kelompok dengan hubungannya dengan orang lain tidak ada, maka tidak dapat dikatakan itu ilmu sosial. Ilmu sosial mempelajari tentang fenomene-fenomena atau gejala –gejala yang terdapat dalam masyarakat. Sedangkan ilmu budaya merupakan cabang dari ilmu yang sosial mempelajari tentang fenomene-fenomena atau gejala –gejala yang terdapat dalam masyarakat. Hubungan yang terjadi antara ilmu sosial dan ilmu budaya terletak pada proses dan hasil dari proses tersebut. Sebagai contoh : orang berinteraksi dengan orang lain, maka akan menghasilkan pola tingkah laku.

Hari ini aja ya? Kalo saya tulis semua kelamaan, buat selengkapnya kalo ada kawan2 yang berminat dengan posting ini, insya allah dengan terpaksa senang hati akan saya posting pada postingan selanjutnya…jika tidak ada tanggapan dari kawan2, saya sudahi aja postingan kaya gini dan mencari tema yang lain yang lebih menarik.. untuk itu saya minta masukan dan petuah dari kawan-kawan agar lebih membangun saya….

Sampai jumpa di postingan selanjutnya…

2 Responses

  1. mari kita gado ISBD

  2. woyooooooooooooooooooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: